Senin, 29 Februari 2016

JJS - Jalan Jalan Sendirian di Semarang

Jalan-jalan seorang diri terkadang bukan pilihan melainkan keterpaksaan. Jalan-jalan sendiri di Semarang !!! yap, gue terpaksa harus jalan-jalan seorang diri di Semarang, memang bukan pertama kali gue ke kota lumpia ini. Karena ada beberapa saudara yang tinggal di kota ini, gue udah beberapa kali kesini, tetapi hanya konteks berkunjung ke saudara aja, ga ada unsur jalan-jalan atau wisata, itu pun sama bokap nyokap gue dan naik kendaraan sendiri.
Berawal dari kisah gue yang tanggal 17 Februari 2016 ke Weleri- Kendal karena ada urusan dan ketemu bokap gue di Weleri. Untuk pertama kali gue naik Bus dari Jatinangor ke Weleri, gue cek google maps Jatinangor – Weleri Cuma 6 jam, dalam pikiran gue paling ngaret nyampe Weleri 8/9 jam lah ya, oke no problem. Dari Jatinangor gue berangkat jam 1 siang, naik Bis Bhineka ke arah Cirebon – 55.000-. Gue memutuskan untuk tidur sepanjang perjalanan (emang dasarnya pelor aja haha), dan gue pas gue bangun gue liat jam 3, dan ternyata gue baru sampe SUMEDANG!! Entah karena bisnya yang gak kuat jalan atau karena macet, buset gue langsung emosi jiwa. Dan akhirnya gue nyampe di cirebon pas Adzan Maghrib, giliinggg, di luar perkiraan gue. Di terminal Cirebon gue langsung pesen tiket Bus Choyo -70.000-  ke arah Semarang, turun di Weleri. Ini bus taik banget dah, kebanyakan berenti, dan di Tegal ini bis berenti berjam-jam gara-gara ngebenerin AC yang mati, taekkk. Dan nyampe di Weleri jam 1 malem pas !!! Jatinangor – Weleri 12 jam GILAAAKKK !!!! emosi gue !!
Jumat, 19 Februari 2016 urusan beres, gue mutusin buat langsung balik ke Jatinangor besoknya, Sabtu, tanggal 20 Februari 2016 barengan ama bokap gue ke Batam. Gue ogah naik bus lagi, dan gue milih naik kereta, pas cek kereta, ternyata gak ada Weleri – Bandung, adanya Semarang – Bandung, dan bokap gue bilang kalo sama-sama dari Semarang mending naik pesawat aja, dan gue disuruh cek harga tiket Semarang-Bandung kalo diatas 500rb gue naik kereta aja, dan WOOOWW ternyata 312.000 aja pake Wing Air- satu-satunya pesawat yang langsung dari Semarang ke Bandung, tanpa pikir panjang gue langsung klik BUY.
Karena bokap gue juga mau ke Batam pada hari yang sama, gue mau nebeng taksinya bokap gue ke bandara, mayan ngirit hihihi. Kita berangkat ke bandara jam 10 pagi karena pesawat bokap gue berangkat take off jam 12 siang, tapi pesawat gue take off jam 4. Di perjalanan dari Weleri ke Bandara Semarang, gue ngeliat ada komplek makam yang rapi dan bagus banget, berjejer rapi nisan-nisan berbentuk salib, gundukan-gundukan makamnya ditanemin rumput hijau bagus kerawat gitu terus di kelilingin sama pager besi gitu, gue nanya ke bokap gue ini makam apa, terus dengan sotoynya bokap gue bilang itu makam pahlawan, eh supir taksinya langsung bilang “bukan, itu kuburan belanda mbak, orang belanda yang dulu meninggal disini dikubur disitu, kalau malam, taksi-taksi yang mangkal di depan kuburan ini pada di gentayangin hantu-hantu belanda mbak”, karena ni makam rapi dan bagus banget ada taman yang lucu-lucu gitu gue langsung kepikiran buat foto-foto disitu hahaha, terus gue nanya boleh masuk ke situ apa enggak, terus kata sopirnya “ndak boleh mbak, yang boleh masuk kesitu cuma orang-orang belanda aja, kayaknya mereka yang keluarganya di kubur disitu mbak”, buset deh ya gagal sudah foto-foto lucu disitu

gambar-gambar ini di ambil dari wikimapia dan purehazel

Nyampe bandara bokap gue langsung boarding, dan tersisa lah gue sebatang kara di Bandara, tadinya gue mau nunggu di bandara aja sampe jam 4, tapi gue merasa tolol wkwk. Gue browsing tempat wisata terdekat dari bandara, dan yang bikin gue tertarik adalah Lawang Sewu, 5km dari Bandara. Gue telpon bokap bilang mau jalan-jalan aja ke lawang sewu, terus kata bokap gue nyuruh naik taksi bandara aja ke lawang sewu, gue langsung menuju taksi bandara, dan setelah gue tanya ke lawang sewu 50rb, GELO!! Gue langsung puter balik dan jalan keluar Bandara, dan berencana naik taksi biasa aja, bekas orang yang dateng ke bandara. Eh ternyata ada halte Trans Semarang, gue langsung kesitu, kata Mas-nya ke lawang sewu bisa naik Trans Semarang, dengan bayar 3000 gue naik dan turun di halte terdekat dari Lawang sewu. Dari halte yang letaknya di depan Gramedia ini, gue jalan ke lawang sewu. SEMARANG PANAS BOOOO !!!
Lawang Sewu terletak di ujung jalan ini

LAWANG SEWU

Lawang sewu. Pertama kali nyampe langsung mikir, Loh kok letaknya di pinggir jalan sih. Haha emang dasar gebleg gue mah, yaiyalah di pinggir jalan masak iya di tengah jalan haha. Maksud gue tuh  lawang sewu ini letaknya di jalan utama, di jalan kota,di daerah bunderan tugu muda, gak ribet, jadi bisa naik angkot langsung turun di depan pintu masuk lawang sewu, gak kayak tempat wisata model gini pada umumnya, yang dari jalan raya harus jalan agak jauh dulu hihihi. Lawang sewu ini punya banyak pintu, yaiyalah kalo punya satu pintu namanya lawang setunggal hehehe. Tiket masuknya 10.000, murmer lah yaa. Pas liat dari depan, gue langsung mikir, darimana seremnya sih nih tempat, tapi mas masuk ke dalem pintu, langsung mikir “okeh lumayan mistis” wkwk, karena kalo udah masuk ke dalem kita bakal liat dan yakin kalo ini bangunan tua. Di tengah-tengah bangunan ada lapangan lumayan gede yang ada pohon beringinnya. Karena sendirian, gue bebas mau jalan kemana aja hahaha, ternyata ini enaknya traveling sendiri, bebas mau ngapain aja, mau jalan mau duduk-duduk cantik, mau nonggeng pun bebassssss.

Gue kelilingin semua gedung, sambil minta tolong emas-emas atau embak-embak yang lagi bengong buat fotoin gue wkwk.  Ada satu gedung yang gak dibolehin ke lantai atasnya, katanya Cuma buat acara khusus aja. Terus ada bapak-bapak yang nanyain ke mas penjaga, boleh kebawah tanah atau enggak, mas penjaganya bilang gak boleh karena lagi diperbaiki. Karena ngeliat muka gue yang cengoh atas pertanyaan bapak itu, bapak-bapak itu langsung prihatin liat muka gue dan ngejelasin ke gue kalo di lawang sewu ada penjara bawah tanah, ada penjara berdiri sama penjara jongkok, dan penjara jongkok itu emang atepnya pendek banget yang ngebuat orang yang masuk kesitu harus sambil jongkok. Ngeri sekaligus pegel banget gue ngebayanginnya.
Pas gue kesini lagi ada gathering Danone dari seluruh Indonesia gitu, gue kenalan sama beberapa orang emas-emas, embak-embak dan bapak-bapak dari Danone, sekalian minta tolong fotoin, teuteup hahaha.
Setelah puas dan capek, gue pengen ngunjungin satu tempat lagi deh sebelum balik ke bandara, dan gue nanya ke mas-mas penjaga lawang sewu tempat wisata apa yang paling deket dari situ, terus masnya nyaranin buat ke klenteng sam po kong, terus gue browsing deh, dan gue tertarik, dan segera meluncur kesana.

Karena harus naik angkot 2x, gue memutuskan naik taksi aja. Pas keluar dari lawang sewu, gue liat ada museum Mandala Bhakti, gue tertarik kesana. Nyebrang dari Lawang Sewu ke Museum itu sangat susah dan rumit, soalnya modelnya bunderan gitu model bunderan HI dan di tengah kota, jadi lalu lintasnya rame. Dengan susah payah dan bantuan tukang dagang, akhirnya gue nyebrang dengan selamat. Eh pas nyampe depan museum, gue liat pintu masuknya ketutup, terus gue ngintip tu,dan gak ada siapa-siapa di dalem tu museum, akhirnya gue nanya ke emas-emas gaul yang lagi pacaran ternyata museumnya tutup. BETE ! akhirnya gue langsung ke Klenteng Sam Po Kong aja naik taksi Cipaganti. -25.000-. di jalan supir taksi nyaranin gue buat ke menara petir, gue browsing tu, karena tidak menarik, gue langsung nolak, eh dia curhat “mbak, coba ketemu sayanya dari pagi, pasti udah saya bawa keliling Semarang mbak. Saya juga hobi hunting mbak, biasanya saya bawa kamera kemana-mana mbak, jadi kalo ada penumpang yang ke tempat wisata saya ikut hunting mbak. Mbak rugi baru ketemu saya, pasti tadi saya sudah ajak ke kota lama semarang mbak, masak mbaknya ke Semarang tapi gak ke kota lama. Pasti saya anter keliling-keliling mbak, penumpang saya tu selalu senang dengan saya mbak, karena saya bawa mereka ke tempat-tempat bagus, sekalian saya foto-fotoin mereka mbak” terus gue nanya “gratis mas?” “ya bayar dong mbak” -_____-

KLENTENG SAMPOKONG
satu-satunya Klenteng di 'area 5000'
HTM nya 5000, tapi kalo weekday Cuma 3000, sangat murah meriah ya. Pas masuk mata langsung disilaukan warna merah meriah. Gue langsung menuju bangunan klenteng terdekat. Gue istirahat bentar. Lalu jalan-jalan lagi. Disini gue ketemu lagi sama orang-orang yang dari Danone, gak lupa buat nyusahin mereka lagi buat minta tolong fotoin gue whehehe, sebagai imbalannya gue fotoin mereka balik, mereka hepi dengan win-win solution yang gue tawarkan wkwkwk. Ada bangunan klenteng yang ngebuat gue tertarik, tapi klenteng itu dipisahin sama sungai buatan gitu, dan ternyata ada pintu masuk buat menuju ke klenteng itu. Pas gue mau masuk, langsung di cegat sama satpam, terus katanya kalo mau masuk ke situ harus bayar lagi 20rb, karena penasaran gue bayar tu 20.000 dan masuk. Disitu depan pintu masuk tiap bangunan klenteng ada tulisannya “yang tidak sembahyang dilarang masuk”, tapi gue ngeliat ada beberapa ibu-ibu pake jilbab ada di dalem, terus gue pikir ‘ah paling Cuma tulisan doang’ akhirnya gue berencana masuk tuh, eh pas baru ngelangkahin kaki gue diusir sama bapak-bapak, terus bapak-bapak itu nunjukin tulisan yang tadi gue baca. ANEH !! emang itu ibu-ibu berjilbab sembahyang disitu apa, teruus ada anak kecil bolak-balik masuk situ dibolehin. Gedek gue !! akhirnya gue langsung keluar tu ‘wilayah 20rb’ tanpa hasil.
Ini klenteng-klenteng di 'area 20.000'  di foto dari klenteng area '5000'

jalan masuk ke Klenteng 'area 5000'

Udah jam 2, gue harus di bandara jam 3an. Akhirnya gue mutusin buat keluar klenteng buat cari makan. Gue ke alfamart dulu buat beli minuman favorit gue, dan menuju warung nasi deket alfamart, gue curiga harga akan selangit mengingat itu warung makan di depan tempat wisata. Gue pesen nasi pake jantung ayam dicabein, dan ternyata Cuma 7000, selamet selamet... setelah kenyang gue langsung cari taksi buat ke bandara. Susah banget dapet taksi di depan Klenteng, setiap taksi yang lewat udah ada isinya, giliran kosong, dia udah di booking via tlp. Udah jam 3 kurang 10, gue deg-degan karena belum dapet taksi juga, akhirnya gue browsing nomor tlp taksi, eh apesnya entah kenapa tiba-tiba gak ada sinyal, gue panik ! ada ibu-ibu tukang mie ayam manggilin gue, mungkin karena ngeliat muka pucet gue karena panik, dia nyuruh gue buat duduk di warung mie ayamnya sambil nunggu taksi, orang semarang ramah-ramah, baik, dan peduli juga ternyata. Gak lama kemudian gue dapet taksi, dan langsung ke bandara. -25.000-

Nyampe di Bandara gue langsung boarding, dan ke ruang tunggu. Eh di ruang tunggu gue ketemu lagi sama mas-mas danone yang tadi ketemu gue, dia lagi mau balik ke Surabaya sama rombongan Danone yang dari Surabaya. Pesawat gue delay satu setengah jam ~sudah biasyaa, eh pesawat si mas danone juga delay, karena ada problem di bandara Surabaya, kok sama-sama delay ya ~mungkin kita jodoh~ hahaha.

Jam 6 lewat dikit gue nyampe di Bandung dengan selamat. Dan harus siap kembali ke rutinitas biasanya L