Sabtu, 23 Januari 2016

NOVEL dan FILM FIFTY SHADE OF GREY

Hai Hai, gue mau nge-review Novel Fifty Shade of Grey, Fifty Shade Darker dan Fifty Shade Freed. HAH, itu kan novel lama, kenapa baru buat review sekarang???? Jawabannya adalah karena gue baru nyelesein baca tu 3 Novel seminggu yang lalu, hihihi. Yap gue baru baca tu novel, 3 novel gue abisin sekaligus dalam 5 hari hihi. Dan gue baca novel ini setelah nonton filmnya setahun lalu, dan gue memutuskan baca novelnya karena banyak sekali pertanyaan gue yang gabisa di jawab oleh film, dan gue amat sangat PENASARAN. Dan pastinya gue baca novel ini karena gue nemuin versi onlinenya hihihi. HAUS INFORMASI.
SINOPSIS
Buat synopsis udah mainstream banget kan yah di google, dan buat yang nonton filmnya pasti udah tau bagaimana synopsis pastinya (padahal males ngetik sinopsisnya hihi)

FIFTY SHADE OF GREY VS TWILIGHT
Buat yang udah baca Novel Twilight pasti bilang kok ceritanya mirip sama Twilight ya. Gue nemuin blog dimana blogger tersebut sangat nyinyir terhadap Novel Fifty Shade of Grey, no problem, dia hanya kurang memahami novel ini. Novel ini di tulis oleh E.L. James tahun 2011. Fifty Shades of Grey dikembangkan dari fan fiction (fiksi penggemar) Twilight, awalnya berjudul Master of Universe dan diterbitkan secara episodik di situs web fan fiction oleh James dengan nama pena "Snowqueen's Icedragon". Kisahnya menampilkan karakter yang bernama sama dengan karakter yang diciptakan oleh Stephenie Meyer di Twilight, yaitu Edward Cullen dan Bella Swan. Setelah adanya komentar-komentar mengenai materi seksual dalam cerita, James kemudian menghapus ceritanya dari situs web fan fiction dan mempublikasikannya di situs web miliknya, FiftyShades.com. Selanjutnya, James menulis ulang kisah Master of Universe sebagai karya asli, dan nama karakter utamanya diganti menjadi Christian Grey dan Anastasia Steele. (di kutip dari Wikipedia). 
Nah makanya ceritanya mirip-mirip Twilight. Mending baca dulu sejarahnya baru nyinyir-nyinyir gajelas hihihi. Fifty Shades of Grey as Twilight. Whether it is a big problem for me? of course not, cause I am a Twihard HOHOHO

Beberapa hal yang menurut gue ini novel mirip dengan cerita novel Twilight :
1.      Ana dan Bella sama-sama orang yang kikuk, sama-sama pertama kali tertarik pada pria, sama-sama banyak pria yang menyukai. Ana dan Bella seorang gadis yang sederhana, casual dan tidak pandai merias diri.
2.      Ana dan Bella sama-sama menganggap bahwa Christian dan Edward terlalu ‘Wah’ untuk mereka
3.      Ibu Ana dan Ibunya Bella memiliki sifat yang hampir sama, romantic dan aktif. Ana dan Bella pun sama-sama mengganggap bahwa ibu mereka seorang yang ceroboh.
4.      Ayah Ana dan Ayah Bella sama-sama pendiam, walaupun Ayah Ana adalah ayah tiri.
5.      Christian dan Edward sama-sama anak adopsi
6.      Chirstiand an Edward sama-sama berbahaya, walaupun berbahaya dalam konteks yang berbeda
7.      Kate dan Jessica mempunyai  tema pidato yang sama yaitu “Bagaimana setelah kuliah? Oh, memang selanjutnya apa.”
8.      Keluarga Christian dan Keluarga Edward sama-sama mengatakan”Kami tak pernah berpikir ia akan menemukan seseorang”
9.      Christian dan Edward sama-sama pandai memainkan piano.
10.   Christian dan Edward sama-sama overprotektif terhadap pasangan mereka
11.   Dan di Fifty Shade of Grey aku melihat Jose sebagai Jacob, dan Mia (adik Christian) sebagai Alice (adik Edward).

NOVEL FIFTY SHADE OF GREY VS FILM FIFTY SHADE OF GREY
            Jujur saja aku selalu membayangkan sosok Ashley Greene setiap Mia muncul di Novel Fifty Shade of Grey. Dan kadang aku membayangkan Kristen dan Robert ketika aku membayangkan isi Novel Fifty Shade of Grey. Entah kenapa gue kurang sreg yang meranin Ana adalah Dakota Johnson tapi gue seneng denger suaranya Dakota Johnson hehe, buat Christian…. Jamie Dornan  gue oke oke aja, soalnya tatapannya tajem booook. Hihi
            Pertama nonton filmnya, gue biasa aja sih, gak seantusias nonton Twilight. Mungkin karena banyak bagian yang detail buat gue jadi bingung. Gue menilai si Christian ini benar-benar egois dan Cuma pengen seks aja, begitu yang gue tangkep di filmnya, tapi setelah baca Novelnya, gue merasa beda banget sosok Christian di Novel dan di Film, entah ada yang kurang greget deh. Tapi gue sangat penasaran apa yang menyebabkan Chirstian gamau mempunyai hubungan normal dan hanya ingin BDSM. Dan sebelum gue baca Novelnya, gue mengira Mrs. Robinson lah yang melarang dia mempunyai hubungan normal, dan Mrs. Robinson ingin Christian hanya memiliki hubungan di atas materai, dan gue kira Mrs. Robinson dan Christian pacaran,hehe.
Banyak bagian penting (bagi gue) novel yang enggak di tayangin di film, padahal bagian-bagian itu menjelaskan bagaimana sifat sosok Christian dan ada juga yang beda dari novel, seperti :
1.      Ana tidak mengatakan “Yes Sir” pada saat Christian menanyakan apakah dia baik-baik saja setelah jatuh di kantornya. Padahal kata-kata ini yang membuat Christian kaget dan langsung teringat oleh Sub-nya
2.      Tidak ada adegan Ana memuji lukisan-lukisan yang ada di dinding ruangan Grey, padahal kata-kata yang keluar dari mulut Ana membuat Grey merasa bahwa kata-kata Ana berkelas dan Ana adalah seorang yang pintar
3.      Pada saat selesei wawancara Grey mengantar Ana keluar dan memakaikan jaket Ana ke tubuh Ana dan memegang bahu Ana, dan Andrea & Olivia (Pegawai Grey) kaget melihat itu. Padahal itu pertama kali Grey memegang tubuh Ana secara intens
4.      Di dalam Novel yang ngasih tau kalo Ibunya Ana tidak bisa hadir dalam acara wisuda Ana adalah Ray bukan Ibunya sendiri, tetapi di dalam film kebalikannya (oke ini tidak terlalu penting hihi)
5.      Tidak ada adegan Paul memeluk Ana di Toko, padahal itu pertama kalinya Christian cemburu ke Ana (ini bisa ngasih tau ke penonton cemburu merupakan salah satu sifat Grey)
6.      Tidak ada adegan Ana mengatakan bahwa ia menyukai Twinings English Breakfast Tea, dan setelah itu Christian selalu ingat teh favorite Ana. Itu adalah hal sepele yang amat romantis buat gue, dan itu juga ngasih tau kalo Christian benar-benar perhatian terhadap Ana
7.      Tidak ada adegan Ana dan Christian mendengarkan lagu Toxic, padahal itu pertama kali Ana tau salah satu Sub nya Christian
8.      Pertemuan membahas kontrak dilakukan di hotel Heatment di Portland bukan di kantor Grey di Seattle, logikanya masak iya Christian tega ngebiarin Ana pergi sejauh itu dan nyetir sendiri
9.      Tidak ada adegan Christian protes terhadap mobil Beetle nya Ana, padahal ini menunjukan kalo Christian overprotective dan sangat peduli pada Ana (dan pada film gue ga nangkep bahwa Christian perhatian dan peduli pada Ana, dan dia membelikan mobil Ana karena dia punya banyak uang, itu yang gue tangkep)
10.   Tidak ada adegan Ethan memeluk Ana pada acara wisuda di fim, padalah adegan itu ngasih tau bahwa Christian sangat pencemburu walaupun yang memeluk Ana adalah kakak sahabatnya
11.   Tidak ada adegan Ana mengajak Christian ke Pameran Foto Jose, padahal karena pameran ini mereka akhirnya bertemu kembali pada novel Fifty Shade Darker (menurut gue ini amat sangat penting, namun ga ada ada di film hiks!)
12.   Tidak ada adegan Ana menceritakan bahwa ia melamar ke penerbitan dan di terima di sebuah penerbitan, padahal itu juga menunjukan bahwa Christian sangat peduli dan perhatian kepada Ana.
13.   Di film tidak ada sama sekali muncul Jack Hyde (Bos Ana), padahal buat pengenalan dini siapa Jack Hyde ini, karena Jack Hyde ini adalah orang yang berpengaruh di Novel maupun film lanjutannya.

Setelah membaca novelnya pasti lo semua tau bahwa gue menjadi kesel terhadap filmnya hehe. Gue suka novel-novel model begini, novel romantic. Gue suka romantisnya Christian, kayak mengingat teh kesukaan Ana, hobi ayah Ana, sepele, tapi buat gue itu sweet banget. Gue suka cowo-cowo romantis ala novel-novel gitu hihihi.
Tapi gue lebih menyukai Fifty Shade Darker dan Fifty Shade Freed. WHY? Karena novel lanjutannya sosok Christian lebih menyenangkan dan amat sangat sweeeet (bagi gue) dan novel lanjutannya sangat memberikan banyak informasi yang gue cari wkwk.

Yaps beres deh curhatan gue, berikutnya gue bakal bahas juga Novel Fifty Shade  Darker (yang filmnya bakal rilis tahun 2017) dan Novel Fifty Shade Freed. 

1 komentar:

  1. Aku baru nonton filmnya sekarang dan cuma bisa baca bukunya online huhu. Dan yg kakak rinciin sama banget kayak yg aku pikirin walaupun aku baru baca sampe yg darker, tapi tentng cristian yg lebih sweet di darker itu bener banget. Susah banget nemu novelnya, aku pengen banget beli. Aku telat soalnya pas dulu aku masih di bawah umur jadi aku kayak gaada kemauan untuk nonton huhu padahal novelnya seru sih

    BalasHapus