Senin, 26 Maret 2012

PEDOMAN HIDUP MANUSIA

“Apa pedoman hidup manusia ?” 

Masih saja banyak orang bingung dengan pertanyaan seperti itu..
Giliran menjawab “pedoman hidup manusia adalah Al – Qur’an” , ketika ditanya lagi “kata siapa?”
Bingung lagi mau jawab apa, malah menjawab “ah,dari dulu juga gitu” , “ya pokoknya itu” … kalau jawabannya seperti itu pasti akan menimbulkan pertanyaan lainnya.. malah tambah bingungkan mau jawab apa.. yang menjawab , tadinya yakin malah jadi ragu atas jawabannya apalagi yang bertanya..

Nah, maka dari itu mari kita telusuri apa sih yang menjadi pedoman dan petunjuk manusia..
“ Apa pedoman manusia?”
Jawaban yang pasti adalah Al – Qur’an adalah pedoman hidup manusia..
“Kata siapa?”

Coba kita buka Surat Al-Jaatsiyah ayat 20 :

Artinya : Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.(Al-Jaatsiyah ayat 20)


Buka lagi Surat Aali 'Imran ayat 138:

 Artinya :  (Al Qur'an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.(Aali ‘Imran ayat 138)
 

Sudah tidak ada lagi keraguan bukan setelah membaca surat itu.
Al – Qur’an adalah pedoman dan petunjuk bagi umat manusia.. anda manusia bukan? Kalau anda manusia tentu Al – Qur’an lah pedoman dan petunjuk hidup anda.

Allah telah menciptakan Al – Qur’an untuk di pelajari, anda tidak percaya?
 Mari kita buka Surat Al – Qamar ayat 17…

Artinya :
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quraan untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar ayat 17)


Di Surat tersebut ada kata “Sesungguhnya” berarti Allah serius bukan dengan perkataan tersebut, Allah tidak bohong dengan perkataan- Nya itu.. Anda masih tidak percaya? Mari kita buka :
Surat Al - Qamar ayat 22

Artinya :
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quraan untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar ayat 22)


Surat Al – Qamar ayat 32

Artinya :
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quraan untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar ayat 32)

Surat Al – Qamar ayat 40

Artinya :
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quraan untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar ayat 40)
 


Sudah berapa kali Allah mengatakan hal tersebut? Apakah Allah bermain-main?

Coba anda pikir, ketika saya sedang berada di luar rumah lalu ibu saya menelpon dan mengatakan “Anggi, belikan ibu bakso ya nanti pulangnya” , lalu saya jawab “iya bu”, lalu sejam kemudian ibu saya menelpon lagi “nggi, beliin ibu bakso ya jangan lupa”, saya menjawab lagi “iya bu”, sudah 2 kali ibu saya menelpon untuk minta dibelikan bakso, berarti ibu saya serius kan lagi pengen makan bakso, lalu 2 jam kemudian ibu saya menelpon lagi “ anggi, awas jangan lupa ya beliin baksonya”, saya menjawab lagi “iya bu” , 3 kali ibu saya menelpon ingin dibelikan bakso,tentu ibu saya sangat ingin bakso bukan. Dan jika saya pulang ke rumah tidak membawa bakso pesanan ibu, ibu saya akan tersenyum apa marah?
Tentu marah kan…

Begitu juga dengan Allah, Allah sudah mengatakan berkali-kali dalam ayat-ayat –Nya, tentu Allah juga akan marah bila kata-kata –Nya tidak di laksanakan.

Pada ayat tersebut tertulis, adakah yang ingin mempelajarinya? Itu pertanyaan untuk kita semua sebagai manusia, Al – Qur’an di turunkan bukan untuk menyusahkan,tetapi untuk di pelaljari,coba kita buka surat Thaahaa ayat 2 :

Artinya : Kami tidak menurunkan Al Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah (Thaahaa ayat 2)


Allah sudah berbaik hati kepada kita menurunkan peta agar kita tak tersesat menuju surga –Nya, Allah juga mempermudah kita untuk bisa memahami Al – Qur’an dengan mudah.. Allah menciptakan Al – Qur’an dengan bahasa kita sendiri agar mudah di pelajari. 
Coba buka surat Ad – Durkam ayat 58 dan Maryam ayat 97 :


Artinya : Sesungguhnya Kami mudahkan Al Qur'an itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran. (Ad-Dukhaan ayat 58)




Artinya :  Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan denganya kepada kaum yang membangkang. (Maryam ayat 97)


Pernyataan Allah dalam ayat – ayat tersebut real kan? Buktinya ada terjemahan Al – Qur’an dalam bahasa Indonesia, bahasa jawa,bahasa sunda, bahasa inggris, bahasa spanyol dan lain sebagainya agar kita dapat dengan mudah mempelajari dan memahaminya Al – Qur’an.

Kita sebagai manusia khususnya umat Islam hukumnya wajib membaca, mempelajari dan memahami   Al – Qur’an, karna di dalam Al – Qur’an tidak ada hal – hal yang menyesatkan, tidak akan ada kerugian, malah kita dapat petunjuk yang benar, 
coba tengok surat Al – Baqarah ayat 2:

Artinya : Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (Al-Baqarah ayat 2)


Karena membaca, mepelajari dan memahami Al – Qur’an hukumnya wajib, dan segala yang wajib itu bila tidak di kerjakan akan mendapat dosa. 
Seperti yang ada pada surat  Thaahaa ayat 100 :

Artinya : Barangsiapa berpaling dari pada Al qur'an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat,(Taahaa ayat 100)

Karena pada hari pertanggung jawaban nanti kita akan di mintai pertanggung jawaban kita atas Al – Qur’an.
Nah teman – teman , masih kah kalian bertanya-tanya apa pedoman hidup manusia? Mau kah kita semua membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al – Qur’an? Jika jawaban Anda ‘iya’ ,maka laksanakanlah karena Allah membeci orang-orang yang tidak mengerjakannya apa yang telah dikatakannya (omong doang).

Apakah perjalan kita hanya sampai dengan mengamalkannya? Tentu tidak, selain kita harus membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkannya kita juga harus menyiarkannya (menyampaikannya) terutama pada family terdekat. Membaca dan mempelajari Al – Qur’an banyak manfaatnya selain kita mendapatkan banyak ilmu dan petunjuk , Insyaallah kita juga akan mendapatkan Pahala.

Sekian dulu dari saya, maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

2 komentar:

  1. thanks anggi you are my inspiration, aku sampaikan materi ini ke murid-muridku, mudah2an mereka pun terinspirasi untuk selalu mencintai al-qur'an..salam kasih, IDEN

    BalasHapus
  2. sama-sama :) saya senang kalo postingan saya bisa brmanfaat :)

    BalasHapus