Senin, 09 April 2012

STEVE JOBS MENGUBAH HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER JADI MENYENANGKAN


Steve Jobs ?

Siapa sih yang gak tau sama sosok ini. Beberapa bulan lalu internet di desaki dengan obituari Steve Jobs, bos perusahaan gadget Apple. Dia menghembuskan nafas terakhir pada 5 Oktober 2011 lalu di usia 56 tahun akibat kanker pancreas. Dari Google hingga Twitter mengalir pernyataan belasungkawa yang tiada putus. Pujian untuknya disampaikan bukan hanya oleh para tokoh (termasuk Barack Obama), pecinta fanatic produk-produk Apple, melainkan juga orang-orang yang belum pernah menyentuh  iPod ataupun iPhone dan iPad (seperti aku,hehe).

Kebanyakan orang mengenangnya sebagai visioner, bahkan jenius. Pokoknya dia dianggap telah mengubah dunia melalui teknologi. Banyak yang setuju titel jenius disematkan pada Steve. Namun ada juga yang keberatan. “Jenius? Ah, Steve Jobs hanya cemerlang. Dia bukan jenius seperti Albert Einsten.” Tulis seorang pengamat.


Ya mungkin juga orang terlalu berlebihan mengenang prestasi Steve. Dia bukan penemu teori yang revolusioner atau pencipta pesawat terbang,bukan? Tapi kita tidak mungkin mengecilkan perannya juga. Pencapaian terbesar Steve bukanlah karena dia menciptakan iPod dan produk-produk Apple lainnya. Yang dia lakukan jauh lebih luas. Penganut agama Budha ini telah sukses mengubah hubungan kita dengan computer yang tadinya rumit menjadi menyenangkan. Dan bagi aku sendiri Steve adalah seorang penyempurna gadget , kreativ, inovativ and so jenius.

Berbeda dengan pengusaha gadget lainnya yang hanya mementingkan fungsi, Steve menganggap software dan desain sama pentingnya. Karena itulah gadget di tangan nya menjadi keren, sehingga orang yang memegangnya merasa bangga dan kalau perlu memamerkannya. Steve dan apple tidak membuat  computer yang gembrot, melainkan langsing dengan graphic interface (grafik antarmuka) yang membuat penggunaannya menjadi begitu ringkas. Dia sangat mementingkan unsur sentuhan dan itu terlihat dari penggunaannya mouse pada iMac serta teknologi touch screen pada iPhone and iPad. Yah, walaupun aku belum pernah megang satupun produk Apple, liat mah pasti pernah,wkwk.

Berkat Steve dan kawan kawan di Apple, kita tidak perlu lagi bergerombol di muka sebongkah besar computer. Masing-masing kita bisa mojok dengan computer mini di telapaktangan masing-masing. Kita tidak perlu lagi memisahkan waktu bekerja dan waktu bersenang-senang, karena setiap saat kita bisa berhubungan dengan kolega dan keluarga. Kita bisa menjafa privasi di dalam kereta api atau kendaraan umum lainnya yang hiruk-pikuk berkat iPod. Informasi apa saja yang ingin kita ketahui bisa kita akses hanya dengan satu-dua sentuhan saja. Walaupun harganya mahal namun sebanding dengan fasilitas yang kita dapat dari produk Apple. 

Beberapa produk Apple :

1   1.  iMac


inilah computer meja macintosh yang telah 5 kali berganti wajah, yaitu iMac G3,G4,G5, iMac (intel plastic), iMac (alumunium) dan iMac (alumunium unibody).


2   2. iPod


      Media player yang diluncurkan pada 10 November 2001. Bisa digunakan untuk memutar serta mentranser foto, lagu, video, gim, dan lain-lain. 

      3. iPhone

      smartphone yang dirils pertama kali pada 29 Juni 2007. iPhone menggabungkan fungsi iPod dan konektivitas internet dalam sebuah smartphone yang cantik. Hingga kini sudah ada 5 generasi iPhone.


 4. iPad 

computer tablet yang fungsi utamanyua adalah sebagai platform bagi media audio-visual, termasuk buku, Koran, majalah, film, music, gim, dan web content. Bentuk dan bobotnya ada di antara smartphone dan laptop computer.

      5. MacBook

      Laptop ini menawarkan efektivitas dan fleksibiltas bagi penggunanya. Jadi enaklah kalau untuk kerja! Belum lagi spesifikasi macbook dari versi ke versi selalu update tekhnogi terbaru dunia komputer

     

     6.iTunes Store

 
toko hiburan digital ini dibuka pada tahun 2003. iTunes Store menjual music, film dan acara teve untuk computer maupun smartphone.

     7.The App Store

      Toko digital yang menyediakan aneka apllikasi untuk iPhone dan iPod touch. Sejak dibuka pada tahun 2008, The App Store kini dipenuhi 150ribu program mini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar